Selasa, 26 Februari 2013

KARAKTERISTIK WISATAWAN PERANCIS



 
Kebangsaan merupakan kategori penting karena merupakan cirri-ciri kebudayaan, seperti cara berpikir, bertingkah laku, dan kepercayaan. Berikut karakteristik wisatawan perancis.


Penampilan :

            Dalam berpenampilan, orang Perancis cenderung berpenampilan dandy, sering informal dan bahkan kadang-kadang eksentrik sebagai salah satu sifatnya yang menyenangi exsklusifitas.
Mempunyai selera elegan dan bisa menangkap dan menghargai eleganisme . Tetapi masih banyak orang Perancis yang tahu menempatkan diri dalam berpakaian sesuai dengan kepentingannya.

            Senang menggunakan wewangian yang berbau lembut serta menyenangi warna yang kebiru – biruan , yang menjurus ke selera warna nasional Perancis .
Generasi muda Perancis yang telah ter-Amerikanisasi cenderung berpenampilan
Urakan dan santai seperti kebanyakan anak-anak muda sekarang .
   
Pembawaan :

1.Salah satu pembawaan atau sifat orang Perancis adalah rasa chauvinistiknya yang tinggi. Sifat chauvinistik ini ditunjukkan antara lain dengan keengganan orang Perancis berbahasa asing.
Rasa chauvinistik ini bukan tidak dengan alasan, dikarenakan kultur Perancis pernah menjadi inspirasi dan referansi selama kurang lebih 2 abad di Eropa dan diseluruh Dunia. Ditambah pula bangsa Perancis adalah salah satu bangsa colonialist penting . Orang Perancis akan sangat menghargai orang yang bisa berbicara bahasa mereka dan mengetahui sejarahnya .
Berusaha menjaga identitas ke-Perancisannya dan bergaya anti globalisasi .

2.Rata-rata orang Perancis mempunyai sifat cartesien. Sifat ini erat dengan ketertarikan mereka (curiousity) dalam banyak hal yang kadang-kadang sangat komplek sehimgga sepertinya mereka terobsesi menggunakan kata-kata ‘mengapa’.
Ketertarikan extrem ini kadang – kadang bisa menyulitkan lawan bicara .
Untuk mereka semua hal harus ada penjelasannya dan logis .

3.Mempunyai sifat yang contradictoire atau menyukai berada berseberangan / bertolak belakang dengan hal-hal yang umum. Ini juga salah satu sifat exsklusifitas orang Perancis.
Bahkan dalam berbahasa, mereka mengungkapannya dengan kata-kata yang berlawanan dengan makna yang sebenarnya.

4.Menyukai suasana yang santai dan tidak begitu formal. Ini adalah salah satu dari sifat kelatinannya orang Perancis. Walaupun Perancis terletak dipertemuan antara karakter nordic dan latin di Eropa, akan tetapi karakter latin orang Perancis lebih dominan terutama untuk mereka yang tinggal diselatan .

5.Satu lagi karakter latin mereka, dalam masalah waktu orang Perancis tidak terlalu kaku. Jika ada keterlambatan (sedikit) mereka bisa memaafkan. Bahkan dalam kebiasaan mereka, jika diundang akan  lebih sopan jika datang 5 atau 10 menit terlambat dari waktu yang ditentukan.

6.Mempunyai standar sopan-santun yang tinggi. Beberapa diantaranya adalah dipakainya kalimat yang berformula sopan kepada orang yang baru dikenal, selalu memakai kalimat silahkan dan tidak pernah lupa mengucapkan terimakasih.

7.Kebanyakan orang Perancis sangat individualis, independent, mandiri dan tidak senang merepotkan orang lain .Mereka menyenangi keterorganisiran dan berusaha mempersiapkan diri dalam melihat kedepan .

8.Orang Perancis kebanyakan adalah orang sekularist dan mempunyai religiousitas yang lebih universal. Tidak fanatik dan mereka menganggap bahwa agama adalah masalah yang sangat pribadi dan urusan mereka sendiri. Walaupun tradisi Katholik masih tetap dipelihara.

9.Dalam hal disiplin, mereka melakukannya dalam batas kewajaran, artinya tidak terlalu berdisiplin mati. Jika dijelaskan secara benar, logis dan apa adanya, mereka bisa menerima kekurangan-kekurangan .

10.Kebanyakan orang Perancis menyenangi benda – benda bernilai seni , pemandangan alam yang indah atau suasana yang berbeda dari suasana dinegaranya serta tertarik pada adat istiadat negara yang dikunjunginya .

11.Menyenangi hal-hal masa lalu dan melihat modernisasi dengan beberapa kritik bahkan dengan caci maki, walaupun mereka termasuk berada di front terdepan dalam modernisasi .

12.Demokratis, menganggap semua orang mempunyai hak yang sama dan tidak begitu memandang perbedaan – perbedaan klas sosial .

13.suka mencoba pengalaman dan aktivitas baru atau berpetualang.

14.Dalam berbelamja lebih menyukai kerajinan tangan dan barang-barang antic.

15.Biasanya lambat dalam memilih restaurant dan barang antik.                    

16.Bersahabat,displin, memiliki tingkah laku yang baik tetapi mudah kecewa apabila tidak menyukai sesuatu.

17.Cenderung berpakaian individualistis.

Dalam Pembicaraan  :
  1. Suka berbicara dengan bahasa mereka dan lebih suka pramuwisata yang berbicara bahsa perancis walaupun mereka dapat berbicara inggris
  2. Dalam pembicaraan, sepanjang pembicaraan itu dilakukan dalam bahasa mereka, atau bahasa yang dimengerti oleh mereka,  orang Perancis sangat cepat akrab 
  3. Arah pembicaraan yang disukai biasanya menjurus ke gaya pembicaraan 2 arah,sangat talktive dan cenderung untuk berdebat.M
  4. Menghargai pendapat orang lain yang berseberangan dengan pendapatnya, dan tidak mempermasalahkan tingkatan sosial lawan bicaranya .
  5. Menyenangi pembicaraan diseputar subjek yang bersifat politis – sosial dan kultural .M
  6. ereka juga tertarik berbicara filsafat dan agama dari segi historis dan filsafatnya tetapi bukan praktik agama tsb.
  7. Dalam pembicaran mereka menjaga hal-hal yang bersifat personal.
  8. Mereka mempunyai wahana traditional sebagai waktu ideal untuk berbincang-bincang, adalah waktu aperitif serta waktu makan dimeja yang kadang – kadang bisa ber-jam-jam .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar